Kompetensi lulusan Program Studi Magister Teknik Fisika perlu diselaraskan dengan internasionalisasi universitas dan oleh karena itu maka kurikulum dirancang dengan mengacu pada kriteria Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET) yang tingkat keberterimaannya secara internasional tinggi. Bidang ilmu teknik fisika termasuk kelompok general engineering, maka target luaran kompetensi lulusan atau student outcomes (SO) dirumuskan sebagai berikut:
- Kemampuan menerapkan pengetahuan matematika, sains, dan rekayasa sistem multifisika. (SO1)
- Kemampuan mendesain dan melakukan eksperimen, serta menganalisis dan menafsirkan data. (SO2)
- Kemampuan untuk mendesain suatu sistem multifisika untuk memenuhi kebutuhan yang diinginkan dalam batasan-batasan realistik semisal ekonomi, lingkungan, sosial, politik, etik, kesehatan dan keselamatan, manufakturabilitas, dan kelestarian. (SO3)
- Kemampuan untuk mengidentifikasi, merumuskan, dan memecahkan persoalan rekayasa sistem multifisika. (SO4)
- Kemampuan untuk menggunakan teknik, keahlian, dan alat rekayasa modern yang diperlukan untuk praktik perekayasaan sistem multifisika. (SO5)
- Kemampuan berfungsi dalam kelompok multidisiplin. (SO6)
- Pemahaman tanggungjawab profesi dan etik. (SO7)
- Kemampuan berkomunikasi secara efektif. (SO8)
- Berwawasan luas yang diperlukan memahami dampak penyelesaian kerekayasaan dalam konteks global, ekonomi, lingkungan dan masyarakat. (SO9)
- Kesadaran dan kemampuan untuk menekuni pembelajaran sepanjang-hayat. (SO10)
- Pengetahuan tentang isu-isu terkini. (SO11)
Komponen kompetensi nomor 1-5 merupakan bentuk hard skills, sedangkan nomor 6-11 lebih merupakan soft skills. Tentang kesetaraan komponen kompetensi dengan sistem KKNI dapat dijelaskan bahwa kompetensi tersebut telah memenuhi kompetensi level S2 pada KKNI seperti ditunjukkan dalam Tabel 2.
Tabel 2. Kesesuaian kerangka luaran dengan ketentuan KKNI
No | Ketentuan KKNI | Kesesuaian |
1 | Kemampuan mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melaluli riset, sehingga menghasilkan karya inovatif dan teruji | PEO-1, PEO-2
SO1 – SO5 |
2 | Kemampuan memecahkan permasalahan sains, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuan melalui pendekatan inter atau multidisipliner | PEO-4
SO3 – SO5 |
3 | Kemampuan mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapatkan pengakuan nasional maupun internasional | PEO-2, PEO-3
SO2 – SO4, SO6 – SO11 |
Bentuk kompotensi tersebut dapat pula dipetakan mengacu pada sistem KKNI menjadi kompetensi utama berupa keahlian di bidang rekayasa sistem multifisika dan kompetensi pendukung dalam bentuk pilihan penguatan kompetensi yang disediakan dalam beberapa kelompok mata kuliah pilihan terarah dan kelompok mata kuliah pilihan bebas.
Tujuan pendidikan atau Program Educational Objectives (PEO) dari Program Studi Magister Teknik Fisika adalah menghasilkan sarjana S2 yang memiliki kriteria seperti tertera pada Tabel 3.
Tabel 3. Kerangka luaran program
No | Objectives | Program Outcomes |
PEO-1 | Mastering mathematics, science and engineering (MSE) | Develop technical skills: Apply the understanding of mathematics, computational modeling, science, and engineering (*) |
PEO-2 | Research | Perform analysis: Conduct measurements and experiments, and interpret results. |
PEO-3 | Publication | Communicate: Communicate technical subjects orally and in writing with peers and to supervisors. |
PEO-4 | Problem solving and application | Apply their education to meet the needs of their organization and the nation (*) |
The content and structure (*) can be emphasized with related specialization.
Hubungan antara tujuan program pendidikan (PEO) dan luaran kompetensi lulusan (SO) dapat dijelaskan pada tabel berikut.
Tabel 4. Kesesuaian luaran pembelajaran (SO) dan luaran program (PEO)
PEOs | Student Outcomes (SO) | ||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | |
(PEO-1) Develop Technical Skills | x | x | x | x | x | x | x | ||||
(PEO-2) Research capability | x | x | x | x | x | ||||||
(PEO-3) Publication capability | x | x | |||||||||
(PEO-4) Problem solving | x | x | x | x |